Unknown

Pada kesempatan kali ini akan dibahas sedikit mengenai cara menambahkan password untuk root administrator di MySQL. setelah sebelumnya membahas mengenai cara menginstall XAMPP di Windows. sebagai salah satu cara untuk mengamankan database localhost. silahkan ikuti langkah berikut untuk menambahkan password di MySQL XAMPP. 

dalam penulisan ini versi XAMPP yang dipakai adalah XAMPP versi 1.7.2. sehingga ada kemungkinan penjelasan dalam tulisan ini akan berbeda jika pembaca menggunakan versi yang lebih lama atau yang lebih baru.

langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman administrator MySQL di localhost. dengan cara memasukan url : http://localhost/security. maka akan tampil halaman seperti di bawah ini. 


klik tautan http://localhost/security/xamppsecurity.php seperti yang ditunjukan seperti gambar diatas. maka akan masuk ke halaman setting password MySQL seperti di bawah ini. 


silahkan masukkan password MySQL di form seperti pada gambar di atas setelah memasukan password silahkan pilih option yang lain seperti gambar di atas lalu klik tombol Password changing jika sudah selesai melakukan perubahan terhadap password MySQL. atau jika khawatir password lupa silahkan centang option yang ada di bagian atas tombol Password changing. setelah itu maka akan mucul tampilan seperti berikut ini. 

gambar diatas merupakan gambar yang memberitahukan bahwa perubahan password telah berhasil dilakukan dan silahkan anda restart MySQL XAMPP anda untuk dapat melihat perubahannya. silahkan masuk ke MySQL XAMPP dengan cara masuk ke URL http://localhost/phpmyadmin maka akan muncul tampilan login seperi di bawah ini. namun tampilan tiap login ini akan berbeda sesuai dengan browser yang dipakai serta versi XAMPP yang dipakai.

Silahkan masukkan username dan password yang sebelumnya dimasukan di tahap sebelumnya. untuk username karena tidak mengalami perubahan silahkan masukkan root namun untuk password silahkan massukan password yang di tahap sebelumnya dimasukan klik tombol "OK" untuk masuk ke halaman MySQL XAMPP.

Sekian tulisan kali ini semoga bermanfaat. selamat mencoba.


Sumber : http://dinamis-web.blogspot.co.id/2014/05/setting-password-di-mysql-xampp.html

[Comment Area]
Jangan lupa comment bro !!!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

BiTDeMaCyber. Diberdayakan oleh Blogger.